Zhou Youguang Ekonom Plus ‘Bapak Pinyin’ China

oleh
Zhou Youguang
Zhou Youguang Ekonom Plus 'Bapak Pinyin' China

Indobos.com, Zhou Youguang digambarkan sebagai “Bapak Pinyin”, atau bahasa fonetik China, dan dipuji sebagai orang yang menyederhanakan bahasa negeri tirai bambu tersebut. Untuk menghormati jasanya itu Google Doodle pada Sabtu (13/01/2018) menampilkan animasi di 12 negara pada beranda Google.

Zhou lahir di Changzhou pada tahun 1906, Zhou Youguang menunjukkan minat pada linguistik sejak usia dini (12) Dia lulus dari sekolah menengah atas dengan mendapat predikat utama. Dinamakan Zhou Yaoping, karena mengadopsi nama pena “Yougang” karena dia ingin “membawa terang” ke dunia.

Pada tahun 1923, Zhou mendaftar di Universitas St. John, Shanghai. Tapi ia tidak bisa hadir karena kesulitan keuangan, namun teman dan kerabatnya kemudian mengajukan biaya masuk dan membantunya membayar uang sekolah.

Dia lulus pada tahun 1927, mengambil jurusan ekonomi dan mengambil kursus tambahan dalam linguistik.

Pada tahun 1933, dia menikahi Zhang Yunhe lalu memutuskan pindah ke Jepang untuk melanjutkan studinya, namun kembali pada tahun 1937, pada awal perang Sino-Jepang.

Setelah Jepang dikalahkan pada tahun 1945 pada akhir Perang Dunia Kedua, Zhou bekerja di bank Sin Hua dimana dia ditempatkan di luar negeri, pertama di New York City dan kemudian ke London.

Pada tahun 1949, dia kembali setelah berdirinya Komunis China, ia merasa bersemangat untuk ikut serta dalam perjuangan bersama negaranya untuk bangkit kembali. “Kami semua berpikir bahwa China memiliki kesempatan yang sangat baik untuk berkembang, kami tidak mengharapkan kekacauan di masa depan. Sejarah menyesatkan kami,” Zhou mengatakan kepada Guardian.

Kembali ke China, ia mengajar ekonomi di Universitas Fudan di Shanghai. Namun seiring waktu, karirnya berubah tak lagi berperan sebagai ekonom.

Reformasi bahasa Tionghoa Pada tahun 1955, pemerintah kemudian menempatkan Zhou pada sebuah komite untuk mereformasi bahasa China.

Dia dipanggil oleh Zhou Enlai, seseorang yang dia temui di kantornya yang sekarang menjadi pemimpin kedua di China.

Awalnya Zhou menolak mengatakan bahwa linguistik hanyalah sekedar hobinya, tapi dia tidak diizinkan menolak tawaran itu. Dia pindah ke Beijing, di mana dia memulai usaha tiga tahun, dan mengembangkan penemuan Pinyin, dimana Pinyin ini dijadikan romanisasi resmi pada tahun 1958.