Rafflesia Arnoldii Bunga Terbesar Memiliki Bau Menyengat

oleh
Rafflesia Arnoldii
Rafflesia Arnoldii Bunga Terbesar di dunia Google Doodle

Indobos.com – Bunga Rafflesia Arnoldii asli tumbuh di Indonesia dikenal dengan nama Padma raksasa atau juga dikenal sebagai bunga bangkai karena baunya yang busuk adalah sejenis tumbuhan parasit obligat memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan terbesar di dunia.

Sebagai tumbuhan parasit, Rafflesia hidup di jaringan tumbuhan merambat Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan, sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

Menurut Wikipedia, bunga ini pertama kali ditemukan oleh pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi pemberian nama bunga Rafflesia arnoldii merupakan gabungan nama keduanya sebagai pemimpin dan penemu bunga.

Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan besar-besaran dan berkelanjutan.

Sementara itu beranda Google hari ini memberikan tampilan bunga terbesar di dunia tersebut untuk memperingati 25 tahun tanaman Indonesia yang menghasilkan bunga terbesar di dunia.

Dikenal sebagai bunga bangkai, atau “bunga mayat” di kalangan penduduk setempat, Rafflesia arnoldii mengeluarkan aroma daging busuk, yang memberi umpan pada bangkai lalat untuk menyerbukinya.

Kelopak bunga merahnya memiliki bintik-bintik putih, hanya muncul dari Tetrastigma, tanaman mirip pohon anggur yang menjadi inangnya. Saat siap untuk bereproduksi bunga bangkai itu melahirkan pemandangan yang sangat tidak biasa. Jika ada ditempat terbuka, Rafflesia arnoldii akan tumbuh sekitar 1 meter dengan diameter lebar dan mekar dalam beberapa hari.

Rafflesia arnoldii dinobatkan sebagai bunga langka Nasional Indonesia yang tertuang dalam Keputusan Presiden No. 4 tahun 1993. Spesies yang menakjubkan ini seakan mewakili pola batik tradisional Indonesia yang menjadi ciri khas Nusantara, jika Anda ingin melihat bunga ini ada baiknya mengunjungi wilayah tertentu terutama di provinsi Bengkulu Sumatera Selatan, di mana keberadaannya sering ditemukan.