Mulai Tahun 2018 Ongkos Biaya Umrah Akan Ditetapkan Pemerintah

oleh
Tahun 2018 Ongkos Biaya Umrah Akan Ditetapkan Pemerintah
Foto Ibadah di Tanah Suci Mekah

Indobos.com – Mulai tahun depan (2018) biaya atau ongkos Umrah bagi para Jamaah akan ditetapkan Pemerintah demi menjaga konsistensi pelayanan selama berada di Tanah Suci, harga yang ditetapkan adalah sekitar Rp20 juta rupiah / jemaah.

Batas minimal biaya tersebut dihitung melalui persiapan seperti visa, transportasi, makanan dan akomodasi yang layak bagi para jamaah.

“Baru tahap diskusi dengan asosiasi-asosiasi biro perjalanan umrah,” Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jumat (22/12).

Penetapan biaya tersebut dilakukan Pemerintah untuk memberikan pelayanan umrah yang lebih layak dan sebagai antisipasi untuk melindungi jemaah dari penipuan karena banyaknya promo biaya umrah yang terlalu murah.

“Kalau tidak ditetapkan nanti tidak ada persaingan sehat. Kan ada yang mematok Rp14 juta, ada yang Rp16 juta tetapi mereka mengurangi standar,” tegasnya.

Meskipun demikian pihaknya (Pemerintah) tetap memberikan kesempatan kepada agen perjalanan untuk menawarkan biaya umrah di bawah harga yang telah ditetapkan nantinya, selama mengikuti persyaratan yaitu pemberian biaya umrah tersebut harus mendapatkan verifikasi kelayakan dari Kementerian Agama.

“Misalnya, harga tiket pesawat standarnya sekian, tetapi kalau dia (biro perjalananan) menerbitkan tiket di bawah itu, nanti kami lihat. Kan, harga tiket biasanya fluktuatif, yang penting ada pengajuan komponen yang nanti kami verifikasi,” ujarnya.

Jika agen atau penyelenggara ibadah umrah melanggar, pemerintah tidak segan-segan bisa menjatuhkan sanksi mulai dari peringatan hingga pencabutan izin usaha mereka

Rencananya, penetapan biaya minimal ibadah umrah akan dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Agama yang akan dirilis awal tahun depan.